Powered By Blogger
Kumpulan Tugas Teknik Universitas Jember

Sabtu, 31 Agustus 2013

Robot..??

Sejarah Robot

Istilah robot berasal dari bahasa Cekoslowakia. Kata robot berasal dari kosakata “Robota” yang berarti “kerja cepat”. Istilah ini muncul pada tahun 1920 oleh seorang pengarang sandiwara bernama Karel Capec. Karyanya pada saat itu berjudul “Rossum’s Universal Robot” yang artinya Robot Dunia milik Rossum. Rossum merancang dan membangun suatu bala tentara yang terdiri dari robot industri yang akhirnya menjadi terlalu cerdik dan akhirnya menguasai manusia. Kata Robotics juga berasal dari novel fiksi sains “runaround” yang ditulis oleh Isaac Asimov pada tahun 1942.
Jadi Apa itu Robot..???
Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik dijalankan menggunakan program maupun menggunakan kontrol manusia secara langsung dengan tujuan dapat mempermudah pekerjaan manusia.

Pengklasifikasian robot berdasarkan kemampuan :
  1. Dapat mendapatkan informasi dari sekelilingnya.
  2. Dapat melakukan sesuatu secara fisik.


Robot dibuat dengan tujuan untuk kebaikan manusia harus mematuhi hukum robotika,antara lain :
  1. Robot tidak boleh menciderai manusia atau dalam keadaan tanpa aksi mengijinkan manusia mendekat untuk disakiti.
  2. Robot harus menuruti perintah yang diberikan oleh manusia kecuali jika perintah tersebut bertentangan dengan hukum yang pertama.
  3. Robot harus melindungi eksistensinya, selama tidak bertentangan dengan hukum pertama dan kedua.


Kegunaan Robot
berdasarkan difinisi di atas, kegunaan robot secara umum adalah membantu bahkan menggantikan pekerjaan manusia yang membutuhkan ketelitian dan resiko yang tinggi. seperti seseorang yang bekerja di bagian welding di sebuah industri assembling kendaraan, akan mempunyai resiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi. Maka untuk mengurangi resiko kerja tersebut perlu digunakan robot yang menggantikan kerja manusia di bidang tersebut, sehingga resiko kecelakaan kerja dapat dikurangi bahkan dihilangkan. Tetapi ada juga robot yang sengaja diciptakan untuk menemani manusia dalam beraktifitasnya. robot seperti itu disebut juga robot bermain seperti robot Battle Bots, Robot contest, Robot anjing. Robot-robot jenis itu sengaja dibuat untuk membantu manusia yang mengalami kesepian.

Jenis-jenis Robot :
1.Robot Industri.
2.Robot Transportasi.
3.Robot Antariksa.
4.Robot Perang.
5.Robot Kendali Jarak jauh.
6.Robot Kedokteran
7.Robot Riset.
8.Robot bermain.
9.dll

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews